Join The Community

Premium WordPress Themes

Search

Jumat, 19 Oktober 2012

UT Tawarkan 150 Beasiswa Bidik Misi

JAKARTA, KOMPAS.com — Universitas Terbuka (UT) menawarkan 150 beasiswa bidik misi bagi calon mahasiswa siswa yang baru lulus (fresh graduated).
"Dana beasiswa tersebut berasal dari perusahaan mitra dalam program CSR (corporate social responsibility) yang secara berkala akan ditambah setiap tahunnya," kata Rektor Universitas Terbuka (UT) Tian Belawati, di sela-sela acara Bedah Kampus dengan tema "Membuka Akses Perguruan Tinggi bagi Semua Kampus UT", di Jakarta, Kamis (27/9/2012).


Ia mengatakan, saat ini mahasiswa sudah mencapai 20 persen atau sekitar 123.000 mahasiswa dari total 585.700 mahasiswa UT. "Kami juga menjaring mahasiswa dari Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) untuk menjaring mahasiswa fresh graduated, dengan menargetkan 5 persen dari 900.000 pendaftar SPMB," katanya.

Menurut dia, UT mengusung tiga konsep keunggulan, yaitu aksebilitas, keterjangkauan, dan fleksibilitas, untuk memperluas kesempatan belajar bagi calon mahasiswa baru untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.

Ia menjelaskan, UT saat ini telah mendapatkan akreditasi nasional dari Badan Akreditasi Nasional (BAN-PT). Di tingkat internasional, UT telah mendapat sertifikat dari The Internasional Council for Open and distance dan ISO 9001:2008.

Dikatakannya, UT merupakan solusi bagi calon mahasiswa baru untuk melanjutkan ke perguruan tinggi yang terkendala waktu, biaya, dan tempat. Jadi dibutuhkan disiplin yang tinggi bagi mereka yang melanjutkan ke perguruan tinggi tersebut.
"Perlu komitmen diri sendiri dan juga perlu determinasi yang tinggi agar bisa menyelesaikan studi di perguruan tinggi tersebut," katanya.

Tian mengatakan, rata-rata lama mahasiswa UT menyelesaikan pendidikannya adalah 7-8 tahun, tetapi ada juga yang selesai dalam waktu singkat, yaitu hanya butuh waktu 3,5 tahun.
Lebih lanjut ia mengatakan, UT menyediakan 30 program studi untuk jenjang diploma, strata satu, dan magister, di antaranya adalah komunikasi, akuntansi, administrasi negara, dan administrasi niaga,.

Selain itu, ujarnya, tersedia juga Unit Program Belajar Jarak Jauh yang berada di 37 kota di seluruh Indonesia. Selama ini UT berkomitmen memfasilitasi rakyat Indonesia untuk belajar di perguruan tinggi dengan falsafah "Making Higher Education Open to All".

0 komentar:

Posting Komentar