Join The Community

Premium WordPress Themes

Search

Kamis, 18 Oktober 2012

Apa Aku Layak Menjadi Mahasiswa...?


Resah dan selalu bingung ketika aku dihadapkan pada kehidupan yang seperti ini, banyak hal yang selalu aku ingin lakukan sebagi seseorang yang bisa dikatakan mampu melakukan semua hal, Mahasiswa itulah sebutan kepada siswa setelah menempuh sekolah selama 12 tahun. Mahasiswa selalu dituntut untuk selalu senantiasa bisa menghadapi dan melakukan sebuah problema-problema yang ada pada lingkungannya.  Kata mahasiswa  sangat berat arti dan maknanya ketika kita memaknainya karena kata maha dimaknai mampu melakukan semua hal baik dalam menciptakan ilmu baru maupun menyelesaikan problema yang ada.
Tapi aku apa aku pantas dikatakan sebagai seorang mahasiswa yang pada saat ini hanya mampu duduk diam didalam kelas atau kos ataupun rumah, apa aku mampu mengemban tugas yang memang di pikul oleh mahasiswa yakni sebagai agent of changedan agent of control pada masyarkat. Apa yang bisa saya buat sebagai mahasiswa yang hanya melakukan sesuatu yang tidak berguna,
apakah mampu seorang mahasiswa yang memang tidak pernah mau tau tentang dunia masyarakat dikatakan sebagi kaum intelektual atau mahasiswa.
Kedudukan kita sebagai mahasiswa pada saat ini memang masih dipertanyakan kebenarannya, apakah orang yang mendapatkan IPK 4 itu layak dikatakan mahasiswa? Atau orang yang menjabat di politik kampus seperti Presma misalnya apa itu juga yang bisa dikatakan sebagai mahasiswa? Menurut saya tidak, karena orang yang bisa dikatakan sebagai mahasiswa adalah orang yang memang mengemban tugas mahasiswa itu sendiri atau yang sering kita dengar dengan nama Tri Darma Perguruan Tinggi yakni Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian.
Pesan buat para mahasiswa pada saat ini adalah selalu ingat apa yang memang tujuan utama dari mahasiswa itu sendiri jangan hanya Pendidikan saja atau pengabdian saja karena ketiga unsur ini harus singkron /harus nyambung tidak bisa dipisahkan karena ketika unsur ini akan disatukan maka kedudukan manusia dikatakan sebagai Mahasiswa itu bisa kita benarkan seperti itu.(yho\21\05).

0 komentar:

Posting Komentar